Tips Perawatan Kulit Sensitif yang Kering

Produk Kulit Sensitif yang Direkomendasikan

Kebanyakan orang dengan kulit kering, sulit diatur, sensitif, menderita kulit merah, gatal, dan bersisik yang tidak nyaman. Kulit dewasa, cuaca musim dingin, dan produk perawatan kulit yang mengiritasi juga dapat menyebabkan kondisi Anda. Untuk membantu kulit kering sensitif Anda terasa dan terlihat sehat, Anda memerlukan rutinitas perawatan kulit harian yang sederhana yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Artikel ini akan membantu Anda menetapkan rutinitas perawatan kulit kering dan sensitif yang baik, dan memberikan tips perawatan kulit sensitif untuk membantu kulit Anda menjadi sehat, terhidrasi, dan halus.

Apakah Kulit Sensitif Juga Kering?

Menurut Academy of Dermatology, sekitar 56{da32f4b05ae7a2c0046580355ea4180de406d29b7823e7361c514abc56416898} dari kita memiliki kulit sensitif. Kulit kering sering dikaitkan dengan kulit sensitif, karena menjaga kelembapan kulit dari dalam menjadi sulit untuk dipertahankan. Secara umum, kulit sensitif mengacu pada kondisi kulit yang mudah pecah dalam bentuk ruam, merah bernoda, terbakar atau tersengat. Apa yang menyebabkan reaksi mungkin merupakan respons terhadap produk atau cuaca. Dermatologis menyarankan jika penyebabnya bukan dari alergi atau penyakit serius, Anda mungkin menjadi penyebabnya. Sering mengganti produk perawatan kulit yang mengandung bahan yang mengiritasi bisa menjadi salah satu penyebabnya. Mencoba perawatan anti penuaan yang berbeda, seperti facial spa menggunakan mikroabrasi atau pengelupasan kimia dapat menjadi penyebab lain dari kulit sensitif. Menjaganya tetap sederhana dengan produk perawatan kulit yang tepat dan rutin dapat membuat perbedaan besar.

Cara Membersihkan Kulit Sensitif Kering

  • Bakteri, sel kulit mati, penumpukan minyak dan polusi menumpuk di kulit Anda setiap hari. Untuk menjaga kesehatan kulit, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihannya, Anda bisa mencoba skincare safi
  • Pastikan untuk mencuci muka di malam hari. Pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan iritasi, peradangan, dan jerawat. Untuk kulit sensitif kering, yang terbaik adalah membersihkan wajah dengan benar sekali sehari, dan sebelum tidur adalah waktu terbaik.
  • Cuci muka dengan pembersih lotion kulit kering lembut yang bebas sabun dan sodium lauryl sulfate (SLS). Bahan-bahan keras ini dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan lebih lanjut. Bahan sabun (bahkan pada beberapa merek kulit sensitif) dapat menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan dari kulit Anda.
  • Jika Anda menggunakan pembersih yang tepat, kulit Anda akan terasa lembut dan tidak kering. Jika setelah dicuci, kulit Anda terasa kencang, iritasi dan kering, ganti pembersih.
  • Selain SLS, hindari juga pembersih yang mengandung pewangi, alkohol, paraben, dan bahan antimikroba, seperti Triclosan. Antimikroba dan wewangian dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan juga tindakan medis lebih lanjut.
  • Hanya mencuci muka dengan air hangat, tidak pernah panas, dan membatasi mandi lama di bawah air panas. Kelembaban adalah teman kulit kering Anda, dan dengan menjaga pintu kamar mandi tetap tertutup, Anda dapat meningkatkan kelembapan saat Anda mandi atau mandi.Hindari scrub, loofa, dan waslap yang keras.
  • Selalu cuci muka dengan lembut dan keringkan dengan handuk katun yang lembut. Jangan pernah menggosok saat Anda kering. Yang terbaik adalah melembabkan saat kulit Anda masih sedikit lembap. Ini membantu pelembap menembus kulit.
  • Di pagi hari, hanya bilas wajah Anda untuk menyegarkan. Tidak perlu dicuci dengan pembersih lagi. Pembersihan yang berlebihan dapat membuat kulit menjadi lebih kering.